Beranda

Tuesday 14 January 2014

GOALKEEPER!

Hai! Aku ganteng lho.. (sorry salah ngetik, gak bs dihapus) huehehe
Piye perasaanmu? klo ada orang bilang ke kita kalo kita ganteng atau cantik, piye perasaanmu? piye....?
    
          Ceritaku dulu waktu aku SD aku lagi jajan didepan gerbang sekolah, biasakan klo didepan gerbang sekolah itu banyak mas-mbak sama bapak-ibu yang jualan jajanan ma mainan murah. Lha pas itu aku sama temenku lagi jajan disana, udah selesai bayar, eh gak tau keceplosan, bercanda, atau emang beneran bisa ngeliat masa depanku atau gimana si penjual ini bilang ke aku "Dek, kamu klo kurus ganteng lho", aku cuma nyengir sok gak ngerespon, tapi kata-kata mutiara itu langsung aku simpen dalam hati dan pikiranku sapa tau berguna dikeesokan harinya :) padahal yang ngomong itu mas-mas lho, berasa aku mirip gay yang disukai mas-mas :).

Kata-kata mutiara itu masih teringat sampai sekarang bahkan mungkin nggak bakal bisa aku lupain sebagai pujian terhormat kepada anak manusia bandel nan gendut seperti saya. Soalnya waktu SD dulu aku sering  dipanggil gajah tinting lah, gajah bunting lah, dan gajah-gajah lainnya. Tetapi aku ikhlas karena emang dulu badanku segede anak gajah yang jalannya berdiri. hihiks x)

          Di post sekarang ini aku cuma pengen sharing tentang perjalananku untuk menjadi seorang keeper atau yang biasa disebut penjaga gawang, biasalah namanya anak-anak sejak itu masih punya keinginan, semangat, dan mimpi yang membara, sehingga mereka punya rasa keingintahuan dan keinginan untuk mencoba.

Aku jadi penjaga gawang itu sejarahnya panjang banget, sejak kecil emang aku suka jatuh-jatuh sama guling-guling kalo pas main bola, jadi dikiranya temen-temenku aku cocok dijadiin sapi giling eh maksudnya penjaga gawang, bahasa kerennya goalkeeper yang artinya pemain yang disahkan untuk megang bola, enakkan jadi keeper? hhehe :) yang lain bisanya nyentuh pake kaki, aku bisa nyentuh bola pake tangan huehehe, dua tangan lagi :) *NgePress x) dibaca: ngeres.

Sejak kecil hobiku emang sering main bola bareng temen-temen. Ketika masih tinggal di Jember aku bareng temen-temenku biasa main sepakbola di jalan depan rumah, dlu pas masih kecil terkenalnya bola plastik ya kan? klo liat bola kulit udah bikin takut soalnya berat dan sakit klo ditendang, tapi lama-kelamaan udah biasa main pake bola kulit. Ketika aku masih duduk dibangku SD, setiap sore gak jarang aku main sepakbola di lapangan kosong bareng teman-teman, lapangan itu penuh dengan pasir dan batu kerikil, jadi klo habis selesai main bola ada aja lecet sampe berdarah-darah, kadang juga masih dijalan-jalan gang kecil yang beraspal, dulu emang masih jarang sih yang namanya lapangan futsal hehe. Dari yang muda sampai yang tua, dari yang langsing sampe yang buncit, dari yang kurus sampe yang gemuk kita main sepakbola bareng, dan seperti biasa aku sering dapet posisi jadi kiper.

Hap...Hap...Hap! Awww!
loncat sana loncat sini, jatuh sana jatuh sini, tangkap sana tangkap sini, jadi seorang keeper itu perjuangan banget, kayak aku berjuang buat dapetin hati kamu eitssss wkwk :)
Keren banget jadi keeper dah, kerennya klo liat keeper di Tv itu kayak bisa terbang, kereenn + Kece haha
Jeleknya klo aku jadi keeper itu sering banget celanaku sampai sobek, itu cerita lucu sih tapi itu kan buat lo, ya aku malu lah apalagi pas SD masih jarang pake celana dalam, klo pake pun itu klo gak lupa aku masih punya titit apa nggak...

Selain itu nggak jarang juga setiap selesai main sepakbola ada aja luka lecet ditangan atau dikaki trus badanku bisa penuh sama hansaplast, itu keren banget setiap kali ditanya ma temen, 
"kenapa badanmu penuh tambalan"? emang tambal ban pake nyebut tambalan segala, trus aku jawab aja
"biasa laki gitu loch" lanjut "ciynn" dalam hati hahaha x).
dan yang terakhir sering banget sakit dibagian jari tangan, kadang-kadang kecetit gara-gara gak kuat atau salah nangkap alias salah megang bola.

Oh iya keeper favoritku dulu itu Oliver Kahn asal Jerman sama Nelson Dida dari Brasil, soalnya waktu itu masih seru-serunya Piala Dunia 2002 sama 2006 aku ngefans sama mereka dan sering liat pertandingan mereka berdua saat itu.

         Udah lulus SD, pas aku SMP aku agak tinggi jadi gendutnya nggak keliatan hehe dan aku memutuskan untuk ikut klub sepakbola binaan di Jember, namanya Jember Putra FC dan aku jadi penjaga gawang gemuk no.1 di Jember huehehe prestasi yang membanggakan buatku, so proud for me :)

Klo ada Jember Putra FC pasti ada Jember Putri FC juga, beneran lho ini....... Jember Putra FC U-14 sering kok ditandingin lawan Jember Putri FC, dan pastinya Jember Pura FC yang  selalu menang dengan skor selalu telak 8-0, 16-0, dll pokoknya skornya bervariasi dan itu skor yang amat sangat kece wkwk, tapi untungnya kipernya bukan aku, soalny aku agak grogi klo berhadapan dengan cewek hihi :))))

Karena waktu itu aku lagi gila bola sampai akhirnya aku sama temen-temenku SMP ngajak guru olahraga untuk bikin tim dan ikut Gala Siswa, yaitu pertandingan sepakbola antar sekolah, tapi alhasil nggak jadi soalnya yaaa gitu dech belum bisa direalisasikan dan nggak ada dukungan dari sekolah.

Selain bermain bola jadi hobi aku, itu juga buat nurunin berat badan, tapi ama aja setelah cape-capek latihan aku pulang langsung makan porsi jumbo + lele 1 kg jadi malah nggak kurus-kurus -___- *hadeeehhh. Masuk ke klub sepakbola itu pengalaman hebat buat aku dan udah jadi keinginanku dulu waktu kecil, karena itu aku sempat pernah bercita-cita jadi penjaga gawang yang profesional buat Indonesia, tapi apa daya mataku rabun jauh jadi aku cuma bisa bermain dengan terbatas, saat main aku hanya mengandalkan keberanian dan fokus tanpa harus melihat jelas itu dah cukup buatku jadi keeper.

Di klub aku mendapatkan potensi dan kepercayaan dari pelatih dan rekan-rekan disana, kita se-tim digembleng untuk latihan 3 kali seminggu dan hari minggu itu adalah hari yang sangat melelahkan, karena latihan fisiknya kuat banget, gak jarang bikin aku mau pingsan karena dehidrasi dan kecapekan yang teramat sangat, tapi hasilnya luar biasa dan masih aku rasakan sampai sekarang.

Masa kompetisi mulai berlangsung, aku sejak itu masih berumur 14 tahun, tapi aku bingung karena badanku besar dan aku sering dimainkan se-tim dengan U-16 aku jadi bingung dikompetisi aku harus bergabung dengan tim mana? U-14 atau U-16? jadi sejak itu aku memutuskan sering pemanasan dan berlatih dengan U-16 soalnya lebih cocok aja, eh tapi pelatih bilang aku masuk U-14 yaudah deh aku masuk situ.

Ketika masih dibilang masa jaya-jayanya dikompetisi, kiper JP U-16 mulai berkurang aja, jadinya atas perintah pelatih aku dimasukkan dalam daftar skuad JP U-16 jadi cadangan kalee ya hehe, tapi semenjak itu radang usus buntuku sering kambuh dan nggak bisa memastikan untuk ngelanjutin main bola lagi hingga sakitku pulih, selain itu juga karena harus fokus UN SMP jadi nggak boleh sakit sama kecapekan, so aku memutuskan sendiri untuk berhenti dari klub tanpa sepengetahuan pelatih, cuma nitip salam aja lewat teman.

     Suka-dukanya jadi keeper itu banyak banget, sukanya aku bisa jadi pahlawan bagi timku, menyelamatkan bola dari kebobolan, soalnya kalo kebobolan sekali bisa beranak dua wuakakak *nggaklah, dukanya itu setiap pulang latihan ma tanding ada-ada aja luka, memar, keseleo karena jatuh bangun jadi keeper, pernah ketika kelas 5 SD aku main sepakbola bareng temen-temen sampe mimisan karena kena lutut temenku pas lagi one on one, piye kesehatanmu klo kayak gini? hihi. Kejadian itu pas H-2 Ujian Kenaikan Kelas, jadinya pas ujian itu aku nggak bisa mikir apa-apa karena pusing jg, jadi terpaksa aku nggak mikir pas ujian itu alias minta jawaban temen alias nyontek hehe *jangan tiru adegan ini disekolah dan dikampus :D

Tapi setelah 2 tahun ikut klub ditengah-tengah kompetisi berlangsung aku memutuskan berhenti dan rehat sejenak dari hobi yang aku cintai dari kecil itu. Aku terpaksa berhenti karena aku udah kelas 3 SMP dan harus fokus pada Ujian Nasional. Selain itu aku juga lagi didekap cedera, namanya cidera perut, ada lho pemain cidera perut contohnya aku haha, ya kan waktu itu aku lagi kena radang usus buntu, sebenarnya radang ini udah aku alamin sejak 3 tahun terakhir saat itu, tapi sering kambuh trus ilang sendiri setelah berobat, pernah waktu itu aku diperkiraan untuk operasi eh ternyata gak jadi gara-gara dikasih obat trus nyerinya ilang gtu aja.

Hal lain yang membuatku menyerah dan memutuskan berhenti adalah karena aku punya kelainan mata yaitu rabun jauh, pandanganku kurang tajam untuk menjadi keeper sepakbola, sehingga aku tidak percaya diri lagi akan kemampuanku dan mencukupkan berhenti sampai disini. Dua tahun belajar dan berlatih bersama rekan-rekan dan pelatih JP itu adalah pengalaman yang luar biasa, meskipun aku nggak bisa menjadi keeper beneran yang membela Indonesia, aku punya pengalaman luar biasa untuk anak-cucuku nanti bahkan aku siap melatih siapa saja.

Seiring berjalannnya waktu, ketika SMA aku mulai terjun dan mengenal dunia futsal, lama nggak latihan sepakbola dan lama nggak jadi keeper bikin aku mulai dari bawah lagi. Menjadi keeper futsal ternyata beda sama keeper sepakbola, meskipun prinsipnya adalah fokus dan berani, tapi kelincahan, kecepatan, dan kelentukan diperlukan lebih banyak dalam bermain futsal. Meskipuan mataku rabun jauh tapi futsal kan lapangannya kecil jadi aku masih bisa liat dalam jarak dekat, so futsal nggak jadi masalah buatku dan malah menjadi alternatif pengganti sepakbola.
Selalu ada cara lain, jalan lain dan alternatif lain, aku kirain dengan nggak bisa main sepakbola nggak ada permainan bola lagi yang lebih seru dari pada sepakbola, eh ternyata futsal lebih seru dari yang aku pikir sebelumnya.

klo emang main bola udah jadi hobby sejak kecil jadi nggak bisa ditinggalkan sampai sekarang bahkan sampai aku kuliah.
Di kuliah pun klo misalkan ada seleksi futsal aku usahakan untuk ikut, dipilih atau tidak aku tetap percaya dengan kemampuanku.


Ini logo tim Jember Putra FC, isi-isinya pemain-pemain berbakat dan luar biasa :)


Sebenarnya aku mau ngucapin banyak terima kasih buat pelatih sama rekan-rekanku di JP FC, karena sebelumnya aku belum sempat mengucapkannya.
            Terima kasih buat pelatih dan rekan-rekanku di JP FC yang udah mau menerima dan melatih aku serta sharing berbagai banyak hal tentang sepakbola hingga menjadikan aku orang yang berkualitas dan percaya dengan potensi diri sendiri. Thank's All, aku kangen JP dan aku ingin sekali ke camp kalian jika aku sedang liburan ke Jember. I promise!

 ~THE END~

No comments:

Post a Comment